Jumat, 16 November 2012

Australia umumkan kawasan lindung laut baru



Para nelayan akan ditawari kompensasi $100 juta beradsarkan rencana pemerintah Australia untuk memperluas kawasan lindung laut hingga mencakup lebih dari 2.3 juta kilometer persegi.
Pengumuman tentang taman laut itu resmi menjadikan undang-undang, peraturan baru mengenai kegiatan penangkapan ikan apa yang diijinkan di daerah-daerah tertentu.

Pemerintah mengumumkan darft perbatasan kawasan lindung laut pada bulan Juni, dan mengatakan akan berkonsultasi dengan industri-industri terkait  tentang implementasinya.
Menteri Lingkungan, Tony Burke, mengatakan, lautan di dunia mendapat ancaman serius, dan perluasan perlindungan laut akan membantu mengatasi masalah yang semakin bear.
"Mulai nanti malam, Australia menjadi pemimpin dunia dalam perlindungan laut," kata Burke kepada reporter di Sydney.

Berdasarkan rencana itu, daerah-daerah tertentu akan dinyatakan terlarang bagi penangkapan ikan komersial, lainnya akan dilindungi dari pengembangan minyak dan gas di masa depan.
Burke mengakui, rencana itu akan merugikan industri perikanan, dan ia telah mengajukan suatu paket penyesuaian struktural guna membantu sektor perikanan.

Paket bantuan itu akan mencakup pembayaran langsung kepada bisnis perikanan didasarkan pada sejarah mereka di daerah-daerah dimana perlindungan laut akan diberlakukan.
Juga akan ada pembelian kembali sebagian kuota penangkapan ikan dimana tangkapan yang diijinkan telah dikurangi karena daerah itu dijadikan kawasan lindung.

Asosiasi Perikanan sudah mengritik jumlah uang yang ditawarkan, dan mengatakan, kawasan lindung baru itu akan menimbulkan dampak finansial yang besar terhadap industri perikanan.
"Kami berpendapat, siapa saja yang terkena dampaknya - apakah itu sopir truk yang mengantar ikan atau nelayan di laut - harus diberi kompensasi."

Industri perikanan mengatakan, banyak pekerjaan akan hilang, tapi sulit memperkirakan berapa.
Burke memperkirakan, dana $100 juta yang disediakan pemerintah lebih dari cukup sebagai kompensasi kepada industri perikanan, karena, katanya, garis perbatasan sudah diatur untuk meminimalkan kerugian pada sektor perikanan.

Sedangkan bagi yang hobi memancing, kata Burke, tidak akan ada dampak signifikan mengingat lokasi kawasan lindung itu.
Dana dari paket itu akan mulai cair mulai pertengahan tahun depan, sebelum peraturan baru itu diberlakukan 2014.

Sebelum itu, tidak akan ada perubahan bagi nelayan, kendati kawasan-kawasan lindung baru sudah resmi diumumkan.

@Radioaustralia.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. AUSTRALIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger